Makam Addatuang Sidenreng La Panguriseng

0 137

Makam Addatuang Sidenreng La Panguriseng

Makam Addatuang Sidenreng La Panguriseng terletak di desa Allakuang Kecamatan MaritengngaE Kabupaten Sidenreng Rappang Prop Sulawesi Selatan. Berada di titik koordinat S 03. 58 21, E 119. 47 50,0 dan berada di ketinggian 67 meter di atas permukaan laut dengan luas arel situs 1,507,84 meter. Ukuran makam tersebut adalah panjang 2 meter, lebar 1, 5 meter da tinggi batu nisan 1, 1 meter, bahan dasar batu nisan makam terbuat dari batu padas dan Andessif berwarna abu-abu dan putih perak di lengkapi dengan porselin dan pagar besi berwarna hijau muda.

La Panguruseng adalah Addatuang ( Raja ) Sidenreng ke-VIII setelah menggantikan ayahnya yaitu La Pawawoi Addatuang Sidenreng ke – VII. Selama masa pemerintahannya di jalankan secara bijaksana dan tegas, kegiatan keagamaan digalakkan dan dipusatkan di mesjid Tua Jerra’E Allakuang. Kondisi makam terawat baik dan biasa dikunjungi para pesiarah baik dari keluarga maupun masyarakat di Sidrap dan dari luar daerah.Situs ini membuktikan kebesaran kerajaan Sidenreng pada masa lalu.

Source http://cagar-budaya-sidrap.blogspot.com http://cagar-budaya-sidrap.blogspot.com/search?updated-max=2014-09-21T19:10:00-07:00&max-results=1&start=24&by-date=false
Comments
Loading...