Lobang Jepang & Taman Panorama

0 31

Lobang Jepang & Taman Panorama

Lobang Jepang & Taman Panorama berada di Jalan Panorama, Kelurahan Bukit Cangang Kayu Ramang, Kecamatan Guguak Panjang. Gua ini merupakan terowongan (bunker) buatan yang berfungsi sebagai tempat perlindungan (sebagian sumber menyebutkan sebagai tempat pertahanan) para tentara Jepang. Dibangun pada tahun 1943 atas perintah Komandan Tentara Pertahanan Sumatera, Jenderal Watanabe.

Para pekerjanya kebanyakan didatangkan dari Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Madura yang dibawa Jepang sebagai pekerja paksa (romusha) guna membuat lubang (terowongan) yang panjangnya kurang lebih 1.470 m dalam waktu yang cukup singkat. Dalam versi pemerintah Kolonial Jepang, tidak terdapat korban jiwa selama pembangunan lubang tersebut. Diantara pekerja bahkan ada yang diberi gaji dan diperlakukan dengan baik. Hal ini didukung pula oleh kesaksian salah seorang penduduk Agam yang mengaku pernah bekerja membuat lubang tersebut.

Namun versi populer yang beredar di masyarakat, para pemandu wisata, dan disampaikan kepada para turis ialah pembangunan lubang ini memakan korban jiwa yang tidak sedikit. Oleh karena itu maka untuk mengenang para pekerja paksa ini, pada dinding di depan gerbang masuk telah dibuat sebuah relief yang menggambarkan mengenai situasi pembuatan terowongan pada masa itu.

Lubang ini sekarang berfungsi sebagai tempat wisata, Lubang Jepang ini di buat pada kedalaman 40-50 m di bawah tanah bercadas yang cukup keras (198 dpl). Di dalam terowongan yang garis tengah dan tingginya 2 m terbagi menjadi 20 kamar yang terdiri dari kamar tidur, ruang persembunyian, ruang perawatan, ruang dapur, ruang penjara, dan gudang amunisi. Ruangannya sengaja dibuat berliku-liku dengan sejumlah ruangan jebakan. Dua mulut terowongan yang sampai saat ini dapat dilihat, satu mengarah ke Ngarai Sianok dan yang lainnya merupakan pintu masuk menghadap ke pusat kota. Fungsi dari mulut terowongan selain sebagai pintu masuk juga sebagai ventilasi untuk mengawasi dunia luar.

Source http://bukittinggiheritage.blogspot.com http://bukittinggiheritage.blogspot.com/2017/10/20-lubang-japang.html
Comments
Loading...