Liang Kabori Sulawesi Tenggara

0 91

Lokasi Liang Kabori

Liang Kabori terletak di Desa Liangkabori, Kecamatan Loghia, Sulawesi Tenggara.

Liang Kabori

Liang ini tak jauh dengan liang Metanduno, tepatnya berada di belakang liang Metanduno ini. Dari liang Metanduno menuju liang Kabori hanya butuh waktu kurang lebih 5 menit dengan berjalan kaki. Sebelum pengunjung sampai di mulut gua Liangkabori, terlebih dahulu harus melewati 13 anak tangga untuk sampai ke atas atau mulut gua.

Dari liang Kabori ini dapat menyaksikan panorama alam yang terdiri dari hutan dan tebing batu yang terjal, serta dinding-dinding tebing bak ukiran yang dipahat oleh para seniman ahli pahat.

Di dalam gua Liang Kabori ini terdapat 205 lukisan dengan berbagai corak dan motif diantaranya berbentuk manusia, perahu, binatang dan lainnya. Yang diperkirakan sudah berumur ratusan tahun, dengan bahan lukisan dari tanah liat yang dicampur dengan getah pohon tertentu.

Menurut La Ode Samada, juru kunci gua ini, jika masuk ke dalam gua, akan melihat beberapa terowongan sedalam 20 meter dan di dalamnya dapat dijumpai ruangan yang luas. Menurutnya tempat tersebut sering dijadikan tempat pertapaan bagi orang-orang tua terdahulu.

Di dalam gua ini juga terdapat mata air yang menetes melalui stalaktit dan mata air yang menetes dari dinding gua, sehingga dijadikan sumber air bagi penduduk setempat.

Source https://zonasultra.com/ https://zonasultra.com/berkunjung-ke-muna-jangan-lewatkan-tiga-wisata-sejarah-ini.html
Comments
Loading...