Lembaga Pemasyarakatan Bukittinggi

0 13

Lembaga Pemasyarakatan Bukittinggi

Lembaga Pemasyarakatan (LP) Bukittinggi merupakan salah satu bangunan atau komplek bangunan tertua di Bukit Tinggi (komplek bangunan tua lainnya ialah Komplek Benteng de Kock-1826 dan Komplek Militer-1860an), dibangun sekitar tahun 1864. Sebelum pembangunan tahun 1864, penjara ini sudah ada namun dengan kondisi seadanya, terbuat dari kayu dan digunakan untuk menahan Mujahid Paderi. Pada tahun 1990an bangunan penjara ini tidak lagi difungsikan dan dipindahkan ke LP Biaro yang berjarak sekitar 8 Km dari pusat kota Bukittinggi.

Secara umum bangunan tidak mengalami perubahan namun banyak yang rusak bahkan ada beberapa bangunan yang telah hancur. Bangunan berdenah persegi panjang dengan atap seng, dinding tembok permanen, pintu terbuat dari kayu, lebar dan besar menampakkan arsitektur khas kolonial. Jendela terdiri dari 4 buah pada sisi selatan dan 3 buah pada sisi utara, bahan terbuat dari kayu dan kaca dengan jeruji dari besi. Bangunan ini berukuran 22 x 48 m (1056 m²).

Source http://bukittinggiheritage.blogspot.com http://bukittinggiheritage.blogspot.com/2017/10/40-lembaga-pemasyarakatan-bukittinggi.html
Comments
Loading...