Legenda Meriam Tegak Dabo Singkep

0 474

Lokasi meriam Tegak

Meriam Tegak terletak di Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau.

Legenda Meriam Tegak

Merian Tegak ini menyimpan misteri yang belum ditolerir akal sehat manusia karena dari dulu hingga sekarang Mariam Tegak ini tidak bisa dicabut oleh manusia bahkan pemerintah daerah telah mengerahkan alat berat tetapi tetap tidak bisa dicabut

Menurut Kepala Desa Batu Berdaun, tempat meriam tegak ini berada, “waktu itu kalau tidak salah meriam tegak itu akan dipindah lokasinya ke Kantor Camat Singkep, upaya pemindahan dengan menggunakan alat berat eskavator tersebut gagal tanpa sebab pasti, alat berat itu macet tiba-tiba, bahkan ketika dipaksakan juga bagian tangan eksavator itu bengkok ketika berusaha untuk membongkar Meriam Tegak tersebut. Sehingga usaha pemindahan itu gagal dan kalau tidak salah sudah hampir dua kali dilakukan”.

Mengenai asal atau sejarah Meriam Tegak itu, sampai saat ini belum ada kepastian atau catatan tertulis, namun ada sumber dari orang tua dahulu bahwa meriam itu dicacak oleh seorang putri raja bernama Encek Walek. Kala itu, Sang Putri sedang berkelahi dengan seorang Pangeran. Dengan kesakitannya, Sang Putri menantang Sang Pangeran. “Kalau kau bisa mencabut meriam ini, baru kau melawan aku”. Kata Sang Putri sambil menancapkan meriam ke dalam tanah. Ternyata si Pangeran tak mampu mencabut meriam yang tertancap tegah di tanah itu. Sang Pangeran kalah lalu melarikan diri.

Sampai saat ini, meriam tegak tersebut masih tertancap di tanah,. Untuk menjaga benda langka tersebut Pemerintah Kabupaten Lingga senantiasa menyediakan anggaran untuk melestarikan agar terlihat lebih terjaga. Meriam Tegak ini diresmikan sebagai Bangunan Cagar Budaya oleh Perintah Kepulauan Riau.

Source Legenda Meriam Tegak Dabo Singkep Kepulauan Riau
Comments
Loading...