Lapangan Keboen Sajoek

0 100

Lapangan Keboen Sajoek

Tanggal 19 September 1945, sang saka Merah Putih pertama kali berkibar di tempat ini. Menandai Pontianak sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penggagasnya, Persatuan Pemuda Republik Indonesia (PPRI).

Berselang beberapa saat, lapangan ini juga mencatatkan diri sebagai saksi bisu perjalanan sejarah Indonesia di tanah Khatulistiwa. Tepat 15 Oktober 1945, digawangi oleh organisasi yang sama, sekitar pukul 15.00 WIB, ribuan massa waktu itu berkumpul dan mengadakan rapat umum.

Bukan hanya dua peristiwa penting itu saja, namun pada 24 Oktober 1949, diprakarsai Gabungan Persatuan Indonesia (GAPI), dihadiri lebih kurang 3.000 peserta dari berbagai kalangan, Merah Putih kembali dikibarkan. Kemudian lebih dikenal dengan sebutan Stadion Sepak Bola Keboen Sajoek dan di depannya menjadi pusat oleh-oleh Kalbar.

Selain itu, seperti Lapangan Keboen Sajoek yang mempunyai sejarah panjang. Dimana disana ini menjadi lokasi pertama bendera Merah Putih berkibar di Pontianak. Menurut Rendrayani, yang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya baru ada dua, yaitu Istana Kadriah dan Masjid Jami. Sedangkan yang lainnya sudah diregistrasi tapi belum ditetapkan.

Source http://pontianak.tribunnews.com http://pontianak.tribunnews.com/2019/01/01/ketahui-5-bangunan-bersejarah-di-pontianak-yang-masih-aktif-dipakai-beraktivitas?page=all
Comments
Loading...