Langgar Dhuwur Pesekongan

0 193

Langgar Dhuwur Pesekongan

Sekilas tampak depan tidak ada yang istimewa dari Langgar ini. Namun jika kita telisik lagi lebih jauh, ternyata langgar yang posisinya ada di Pesekongan, Kelurahan Tegalsari, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal ini memiliki sejarah yang sangat penting bagi perkembangan Islam di Tegal.

Langgar ini diperkirakan dibangun pada tahun 1830 yang posisinya ada di dekat laut yang fungsi utamanya kala itu adalah untuk memenuhi kebutuhan peribadatan pelaut-pelaut dari Bugis, Madura, Sumatera, dan Kalimantan yang sedang berlabuh di Tegal (Daryono, 2008).

Bangunan dengan bahan utama kayu jati ini memiliki luas bangunan 10 x 10 meter. Pada dinding bangunan terbuat dari kayu dan ada sedikit motif bunga-bunga dan jeruji kayu. Bentuk fisik bangunan ini disesuaikan dengan fungsi utamanya, selain untuk beribadah, juga digunakan untuk beristirahat. Sehingga sembarai beristirahat, para pelaut bisa melihat langsung perahu-perahu yang ditambatkan atau yang sedang berlayar.

Tidak tepat namanya Langgar Dhuwur jika posisinya bukan di atas. Langgar Dhuwur memang posisinya berada di lantai atas. Sedangkan untuk lantai bawahnya sendiri untuk tempat istirahat para pelaut. Namun kini untuk lantai bawahnya sendiri digunakan oleh pengurus langgar ini. Langgar Dhuwur ini hingga sekarang masih digunakan dengan baik sebagai tempat beribadah. Hal ini sangat terlihat dengan kebersihan di dalam langgar yang sangat terjaga.

Source https://wisatategal.com https://wisatategal.com/wisata-1408196-langgar_dhuwur_pesekongan.html#.XFuVIFUzZpg
Comments
Loading...