Kuil Shinto di Kota Malang

0 58

Kuil Shinto di Kota Malang

Sebagai bangsa yang pernah menjajah Indonesia, sedikit banyak, Jepang memiliki peninggalan di Indonesia, termasuk di Kota Malang. Salah satunya adalah kuil Shinto atau biasa disebut Jinja sebagai tempat ibadah umat penganut agama asli Jepang tersebut.

Informasi keberadaan jinja bernama Ching Nan Jinja itu tersebar di Negeri Matahari dari mulut para mantan tentara Jepang yang bertugas dan tinggal di Malang. Maret 2017 lalu tiga sejarawan datang langsung dari Jepang ke Malang demi membuktikan informasi tersebut. Mereka adalah Inamiya Yasuto (Fotografer), Tsuda Yoshiki dari Kanagawa University, dan Nakajima Michio dari Japanese Folk Culture. Ketiganya ingin membuktikan kebenaran cerita para mantan tentara Jepang sempat mendirikan beberapa Jinja di Indonesia, yang salah satunya ada di Malang.

Kedatangan bangsa Jepang ke Malang dimulai saat Belanda, penjajah Indonesia sebelumnya, menyerah tanpa syarat kepada Jepang pada tahun 1942. Karena kalah perang, Belanda wajib menyerahkan daerah kekuasaannya di Indonesia, termasuk Malang, kepada Jepang. Selama pendudukan Jepang di Indonesia, setidaknya antara tahun 1942-1945, dikabarkan para tentara sempat membangun beberapa jinja sebagai tempat ibadah mereka.

“Ada sekitar 1600 Jinja di luar Jepang, dan di Indonesia ada 11 Jinja salah satunya di Kota Malang yang bernama Ching Nan Jinja. Jinja sendiri dibangun oleh militer Jepang sebagai bentuk kekuasaan tertinggi dari kaisar yang saat itu disebut sebagai keturunan dari Ameterasu Omikami atau Dewa Matahari yang merupakan dewa tertinggi dalan ajaran Shinto,” papar Nakajima.

Diperkirakan, Ching Nan Jinja itu dibangun di tempat di mana sekarang berdiri bangunan Politeknik Kesehatan (Poltekkes Malang. Tempat tersebut dulunya merupakan lapangan pacuan kuda atau Jalan Bengawan Solo. Jinja yang namanya punya arti ‘menguasai kawasan selatan atau menguasai negara-negara di selatan Jepang’ itu diperkirakan dibangun sesaat setelah Jepang masuk ke Malang.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2017/07/10/pernah-ada-kuil-shinto-di-kota-malang/
Comments
Loading...