situsbudaya.id

Kubur Batu Belumai Sumatera Selatan

0 50

Lokasi Kubur Batu Belumai

Kubur Batu Belumai terletak di Desa Belumai/Ulu Rurak, Kecamatan Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan. 

Kubur Batu Belumai

Tinggalan megalitik berupa kubur batu ini pada tahun 2010 telah diinventaris oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya dengan nomor inventaris; SML/PGR/03/2010. Secara astronomis situs ini berada di titik S 04º02’38.6” E 103º15’33.5”

Berdasarkan keletakan situs kubur batu ini, posisinya tidak berjauhan dengan tinggalan megalitik lainnya yang ada di daerah Belumai antara lain dengan tinggalan berupa Batu Dakon dan Arca Manusia. Jarak kedua tinggalan tersebut berkisar 100 m dan 150 m arah timur dari posisi Kubur Batu.

Kubur batu di Situs Belumai termasuk salah satu peninggalan prasejarah masa megalit yang tersebar di dataran tinggi Pagar Alam. Situs ini berada di lahan dengan ukuran Panjang 5,20 m x Lebar 4,20 m. Untuk pelindungan terhadap tinggalan megalitik situs ini dibangun pagar besi dengan ukuran  Panjang 5,20 m, Lebar 4,20 m dan Tinggi 1,3 m. Kubur batu ini berada di kebun kopi milik masyarakat Belumai.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/
Comments
Loading...