Kompleks waruga Airmadidi Bawah Sulawesi Utara

0 117

Kompleks waruga Airmadidi Bawah

Kompleks waruga Airmadidi Bawah terletak di Desa Airmadidi Bawah Kecamatan Airmadidi, berjarak 4 km dari pusat Kota Airmadidi. Desa ini berada di sebelah tenggara dari Gunung Kelabat, salah satu gunung yang cukup tinggi di Sulawesi Utara. Lokasi situs terletak pada koordinat 01°25’11.00″ Lintang Utara dan 124°58’33.33″ Bujur Timur, dengan ketinggian 214 meter di atas permukaan laut.

Waruga berfungsi sebagai wadah kubur/ peti mati, pada situs ini waruga-waruga terbuat dari bahan batuan tufa, sehingga cukup kuat dan tahan lama. Bahan untuk membuat waruga sudah tersedia atau disediakan oleh alam, yang banyak terdapat di daerah Minahasa Utara. Waruga di dalam situs itu berjumlah 152 waruga dalam berbagai macam ukuran. Bagian wadah dari waruga umumnya berbentuk  kotak persegi empat atau kubus dan 2 berbentuk persegi empat panjang seperti peti kubur pada umumnya, untuk meletakkan mayat orang yang meninggal, sedangkan bagian tutupnya umumnya berbentuk menyerupai atap rumah atau limas untuk menutupi bagian wadah. Ukuran-ukuran waruga tersebut dapat dikelompokkan antara lain:

–      Waruga berukuran kecil dengan tinggi antara 0-100 cm berjumlah 17 buah.

–      Waruga berukuran sedang dengan tinggi antara 101-150 cm berjumlah 50 buah.

–      Waruga berukuran besar dengan tinggi antara 151-250 cm berjumlah 85 buah.

Banyak di antara waruga yang berhias pada bagian tutup maupun wadahnya, hanya sedikit yang tidak berhias. Pola hiasnya ada yang berupa pola hias manusia (anthropomorphic), binatang dan pola hias geometri. Sebagian besar waruga dalam keadaan utuh wadah dan 2 bagian badannya dalam keadaan hancur. Waruga-waruga dalam keadaan tertata rapi dengan susunan yang teratur seperti waruga Airmadidi Bawah karena pernah mengalami pemugaran pada tahun 1977.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbgorontalo/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbgorontalo/kubur-batu-waruga-airmadidi-minahasa-utara/
Comments
Loading...