Kompleks Vihara Dharma Sasana Tanjungpinang

0 39

Kompleks Vihara Dharma Sasana

Klenteng ini dibangun sekitar abad ke-18, semasa YMDR (Yang Dipertuan Muda Riau) II (Daeng Celak, 1728-1748) yang memberikan kelonggaraan kepada para pendatang Cina untuk menempati daerah Senggarang. Sejak itulah, di kawasan ini dibangun perkampungan dan sejumlah rumah ibadah oleh (Tionghoa). Kelenteng ini menampilkan arsitektur kolonial dan ragam hias Cina dengan atap berbentuk pelana. Keberadaan kelenteng ini merupakan bukti eksistensi warga Cina di daerah ini sejak zaman kerajaan Riau dulu. Dibangun sekitar 200-300 tahun yang lalu oleh imigran dari Cina daratan pada abad ke-18 M. Komplek vihara ini memiliki empat bangunan utama, tiga diantaranya merupakan kelenteng dan merupakan bangunan awal, berada pada bagian depan kompleks menghadap ke laut. Bangunan yang keempat berada di bagian belakang kelenteng pada tanah lebih tinggi, dibangun pada masa kemudian.

Tiga bangunan kelenteng pada bagian depan diperuntukkan bagi dewa-dewa Cina. Nama ketiga kelenteng tersebut antara lain: kelenteng Fu De Zheng Shen, dewa yang terdapat pada kelenteng ini adalah dewa Phe Kong yaitu dewa bagi keselamatan di daratan, dalam hal ini bagi wilayah Senggarang; kelenteng yang kedua adalah Tian Hou Sheng Mu, terdapat tiga buah dewa, berada di tengah adalah dewa Ma Chou yaitu dewa untuk keselamatan dalam perjalanan di laut, di kiri dan kanan adalah dewa Phe Kong dengan sebutan Lou Wei Sheng (berada di kanan diperuntukkan bagi keselamatan orang yang sudah mati) dan To Po Kong (di kiri diperuntukkan bagi keselamatan mereka yang di darat); yang ketiga adalah kelenteng Yuan Tien Shang Di, di dalamnya juga terdapat dewa Phe Kong. Sedangkan bangunan pada bagian belakang diperuntukkan bagi Sang Buddha Amitabha, merupakan bangunan baru. Kompleks Vihara Dharma Sasana terdiri dari 4 bangunan yang berupa 1 buah bangunan baru (Vihara Dharma Sasana) dan 3 buah bangunan lama (Klenteng Yuan Tiang Shang Di, Klenteng Fu De Zheng Shen, dan Klenteng Tian Hou Sheng Mu). Vihara Dharma Sasana didirikan tahun 1988, sedangkan 3 klenteng yang lama diperkirakan dibangun sekitar abad ke-18.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Provinsi-Kepulauan-Riau.pdf
Comments
Loading...