Kompleks Sandung Bangkal

0 27

Kompleks Sandung Bangkal

Desa Bangkal terletak di pinggir Danau Sembuluh bagian Utara Timur Laut. Untuk mencapai lokasi ini, dari Palangka Raya menuju Sampit, dari Sampit menuju Desa Bangkal dengan memakai kendaraan umun atau pribadi dalam waktu tidak sampai 1 hari.

Di lokasi ini masih banyak Sandung-sandung tua namun letaknya disana-sini di sekitar desa tersebut. Sandung-sandung tersebut bertiang satu dan dua yang mempunyai arti tersendiri. Pada pertengahan tahun 1990 dana APBD memugar sepuluh buah Sandung dan 56 Sapundo, dengan usaha masyarakat memperbaiki sebuah tiang bendera, bahannya dari kayu ulin.

Selama ini belum pernah ada penelitian yang mendalam tentang obyek ini. Banyak Sandung yang runtuh dimakan usia, Pantar miring serta Sapundo-sepundo hilang. Tinggi masing-masing Sandung ± 3 m dari permukaan tanah sampai kepuncaknya.
· Tinggi tiang 1,5 m
· Sandung berkaki dua dengan ukuran 3 m dan 1,5 m
· Sandung berkaki satu dengan ukuran 1 m dan 0,5 m, atap Sandung papan tebal dipasang horizontal sepanjang badan bangunan tersebut.

Source http://sejarahkalimantantengah.blogspot.com http://sejarahkalimantantengah.blogspot.com/search?updated-max=2012-06-24T12:01:00-07:00&max-results=7&reverse-paginate=true
Comments
Loading...