Kompleks Rumah Sakit Ombilin (Rumah Sakit Umum Daerah) Sawahlunto

0 11

Kompleks Rumah Sakit Ombilin (Rumah Sakit Umum Daerah)

Seperi halnya menjaga kebutuhan makan buruh yang dibutuhkan kekuatan fisiknya, maka didirikanlah Dapur Umum. Begitu pula dengan kesehatan buruh turut menjadi pertimbangan utama. Sebab bila buruh dalam keadaan tidak sehat dan sakit-sakitan, lemah. Itu akan sangat mempengaruhi produktifitas kerja dan target jumlah produksi Batu Bara yang akan mereka keluarkan dari ladang-ladang tambang Batu Bara. Karena itu pulalah sebuah pusat pengendalian kesehatan didirikan dengan nama Ombilinmijnen-Hospitaal. Rumah sakit ini merupakan rumah sakit terbesar dan paling moderen di pada masa itu bahkan pernah menjadi Rumah Sakit rujukan di Sumatera Tengah Barat.

Sejak awal bangunan ini berfungsi sebagai rumah sakit sampai sekarang. setelah kemerdekaan RI Rumah Sakit Pertambangan Ombilin ini diambil alih sebagai RSUD Kota Sawahlunto. Bangunan Rumah Sakit ini menampilkan arsitektur kolonial dan Eropa pada setiap bagian bangunannya seperti bangsal-bangsal lama. Hal itu dapat dilihat dari bentuk da jenis bahan atap, dinding yang tebal dan sangat kokoh serta ventilasi yang cukup banyak. Bangunan bangsal yang terdiri dari dua lantai. Salah satu bangsal yang tidak terpakai merupakan bekas bangsal untuk orang sakit jiwa. Bangunan bagian depan berfungsi sebagai Ruang UGD dan Poliklinik. Atap bangunan bersusun dua dan bagian atasnya berfungsi sebagai ventilasi.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Sawahlunto.pdf
Comments
Loading...