Kompleks Pillbox Jepang Pulau Jemur Rokan Hilir

0 3

Kompleks Pillbox Jepang Pulau Jemur

Bunker aau Benteng Jepang merupakan bukti kehadiran bangsa Jepang di Rokan Hilir. Benteng Jepang merupakan bangunan pertahanan yang dibangun di daerah strategis sebagai basis pertahanan bagi Jepang. Benteng ini sangat penting pada masa pendudukan Jepang sebagai tempat pertahanan dan menyimpan senjata. Benteng ini di bangun sekitar tahun 1942 sd 1945 pada masa pendudukan Jepang. Keberadaan di Pulau Jemur merupakan indikasi bahwa Pulau Jemur dahulunya dipakai sebagai tempat yang strategis bagi Jepang sebagai pertahanan dan tempat penyimpanan senjata, mengingat lokasinya berada di Selat Malaka. Pulau Jemur (luas 250 ha) adalah sebuah pulau milik Indonesia yang terletak di Selat Malaka, dekat dengan perbatasan Malaysia. Pulau ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

Pulau Jemur merupakan pulau terluas dari Kepulauan Arwah, gugusan sembilan pulau, di antaranya Pulau Jemur, Tokong Emas, Tokong Simbang dan Labuhan Bilik. Pulau Jemur terkenal dengan panorama alam seperti pantai berpasir putih dan sebagai habitat penyu hijau. Pulau Jemur tidak berpenghuni dan hanya menjadi tempat persinggahan bagi nelayan yang sedang melaut. Sebuah pos TNI-AL didirikan di pulau ini untuk kepentingan pengamatan dan navigasi. Di Pulau Jemur terdapat 2 Benteng Jepang dengan kondisi yang tidak terawat. Kedua benteng tersebut berada tidak jauh kurang lebih ±50-60 m dari pinggir pantai dengan. Benteng Jepang Pulau Jemur I berada di sisi barat dari Benteng Jepang Pulau Jemur II, tepatnya di belakang dari bangunan penangkaran penyu milik TNI-AL. Benteng Jepang Pulau Jemur I. Sedangkan Benteng Pulau Jemur II berada di sisi kanan (timur) dari Benteng Pulau Jemur I, dan/atau sisi timur dari dermaga kapal dan Pos TNI-AL Pulau Jemur.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Rokan-Hilir-BPCB.pdf
Comments
Loading...