Kompleks Pillbox Jepang Pantai Gondoriah Pariaman

0 11

Kompleks Pillbox Jepang Pantai Gondoriah

Kawasan Pillbox Jepang pantai Gandoriah merupakan satu kesatuan pertahanan pantai yang dibuat tentara Jepang pada masa pendudukannya (1942-1945) di wilayah pesisir Barat Sumatera khususnya Pariaman pada era Perang Dunia II. Pillbox ini diperkirakan dibangun pada masa akhir kekuasaan Jepang 1944-1945, Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumatera Barat Wilayah Kerja Provinsi Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau Tahun 2018 saat dimana tentara kekaisaran Jepang sudah mulai bersifat defensif (dari sebelumnya ofensif) guna mempertahankan daerah kekuasaan dari serangan Sekutu. Pilbox-pilbox yang terdapat dalam kawasan ini yang masih dapat ditemukan berjumlah sebanyak 9 buah (tersisa). Pillbox-pillbox ini dihubungkan oleh garis pertahanan berupa tembok sepanjang 1 km berbentuk huruf “L”. Pilbox-pilbox tersebut berada/melekat dengan tembok pertahanan (satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan).

Pada Kawasan Pertahanan Jepang Pantai Gandoriah ini terdapat 9 buah (tersisa), serta tembok pertahanan dengan panjang 1 km berbentuk huruf “L”dengan ketinggian yang bervariasi antara 90 cm – 2 m dengan ketebalan rata-rata 60 cm. Keseluruhan pillbox-pillbox ini kecuali Pillbox Jepang Keling, dihubungkan oleh tembok sebagai garis pertahanan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Pariaman.pdf
Comments
Loading...