Kompleks Pillbox Jepang Manggung Pariaman

0 41

Kompleks Pillbox Jepang Manggung

Pillbox Jepang Manggung I dan II merupakan salah satu dari sekian banyak bangunan pertahanan yang dibuat oleh tentara Jepang pada masa pendudukannya (1942- 1945) di wilayah pesisir Barat Sumatera pada era Perang Dunia II. Pillbox ini diperkirakan dibangun pada masa akhir kekuasaan Jepang 1944-1945, saat dimana tentara kekaisaran Jepang sudah mulai bersifat defensif (dari sebelumnya ofensif) guna mempertahankan daerah kekuasaan dari serangan Sekutu. Pillbox Jepang Manggung I merupakan benteng pertahanan dengan bentuk tembok pertahanan dengan ukuran panjang 5 meter, lebar 1 meter dengan tinggi 1 meter.

Bentuk dari pillbox ini seperti huruf J, bagian yang tertutup dengan bagian atap hanya sebagian kecil saja, selebihnya merupakan bagian terbuka hanya terdapat tembok panjang. Pada bagian yang tertutup terdapat pintu di sisi timur dan dua buah lubang intai masingmasing di sisi selatan dan barat. Lokasi tembok pertahanan ini berada dalam area pemukiman penduduk. Pillbox Jepang Manggung II, merupakan benteng pertahanan yang memiliki ukuran 6,65 x 4,62 meter. Lokasi Pillbox ini berjarak sekitar 63 meter dari Pillbox Jepang Manggung I ke arah utara dan tepat berada di pinggir jalan pemukiman penduduk.

Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumatera Barat Wilayah Kerja Provinsi Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau Tahun 2018 Bahan dari Pillbox Jepang Manggung II sama dengan Pillbox Jepang Manggung I. Bentuk dari Pillbox Jepang Manggung II ini seperti lubang kunci, yaitu terdapat bagian melingkar di atas dan memanjang di bawahnya. Pada bagian melingkar terdiri dari tujuh buah sisi dan dari tujuh buah sisi tersebut terdapat enam buah lubang intai, pintu masuk terdapat di bagian yang memanjang. Lingkungan dari Pillbox Manggung 2 ini berada di dalam lingkungan penduduk.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Pariaman.pdf
Comments
Loading...