Kompleks Pertokoan Bofet Sianok Payakumbuh

0 7

Kompleks Pertokoan Bofet Sianok

Sejak awal pendiriannya bangunan ini difungsikan sebagai pertokoan , ini dapat dilihat dari pola tata ruang bangunan itu sendiri yang dibuat lepas seperti los tampa sekat. Tahun pendirian bangunan ini tidak diketahui secara pasti. Sejak awal pendiriannya bangunan ini difungsikan sebagai pertokoan , ini dapat dilihat dari pola tata ruang bangunan itu sendiri yang dibuat lepas seperti los tampa sekat. Tahun pendirian bangunan ini tidak diketahui secara pasti.

Bangunan ini terdiri dari 2 lantai berdenah persegipanjang dengan atap berbentuk pelana, berbahan seng. Kemiringan atap landai dan pada bagian ujung atap terdapat amortizemen ( elemen hiasan yang ditempatkan pada suatu puncak atau ujung sebagai suatu pengakhiran dari bagian konstruksi bangunan vertikal ). Lantai satu dipergunakan untuk pertokoan. Sedangkan lantai dua digunakan sebagai tempat tinggal. Kesan bangunan bergaya kolonial dapat terlihat bagian atas bangunan sisi arah depan pintu masuk berbentuk lengkung setengah lingkaran yang dihiasi dengan relief klasik Eropa yang dipadu dengan ragam hias. Kondisi bangunan kompleks pertokoan ini sebagian sudah mengalami perbaikan pada bagian lantai satu dengan masih tetap mempertahankan keaslian bentuk.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Payakumbuh.pdf
Comments
Loading...