Kompleks Pertahanan Jepang Tabing Padang

0 43

Kompleks Pertahanan Jepang Tabing

Bangunan pertahanan Jepang di Parupuk Tabing ini termausk mudah diakses, baik dengan kendaraan roda dua empat, karena terletak tidak jauh (Lubang Jepang I ± 30 m dari Jalan Talao Tangah, sedangkan Lubang Jepang II dan III berjarak ± 75 cm dari jalan raya Kompleks Perumahan PU.

Kawasan pertahanan Jepang di Pasir Parupuk Tabing merupakan salah satu bukti tinggalan bangunan pertahanan masa pendudukan Jepang di wilayah pesisir Barat Sumatera pada era Perang Dunia II, khususnya sekitar tahun 1942-1945. Bangunan pertahanan Jepang di Parupuk Tabing ini lebih cenderung pada bangunan Bunker. Keberadaan bangunan pertahanan Jepang di lokasi ini yang berjumlah 3 buah menandakan bahwa wilayah Parupuk Tabing dahulunya dianggap penting bagi Jepang, sehingga untuk mempertahankan wilayah tersebut bangunan Bunker dibuat tidak hanya untuk pertahanan juga untuk pengintaian terhadap musuh yang datang dari arah laut. Jarak bangunan pertahanan Jepang di Parupuk Tabing ini ke laut sekitar 300 m.

Di wilayah Parupuk Tabingi ini sebelumnya terdapat 6 objek bangunan pertahanan Jepang. Namun, saat ini yang tersisia hanya 3 bangunan yang berdekatan. Secara umum, Bangunan pertahanan Jepang di Parupuk Tabing ini terbuat dari bahan coran semen dengan campuran kerikil.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Padang.pdf
Comments
Loading...