Kompleks Pertahanan Jepang Indarung Padang

0 59

Kompleks Pertahanan Jepang Indarung

Kawasan Bunker Jepang di Indarung ini merupakan salah satu bukti tinggalan bangunan pertahanan masa pendudukan Jepang di wilayah pedalaman Sumatera Barat pada era Perang Dunia II, khususnya sekitar tahun 1942-1945. Bangunan pertahanan Jepang di Indarung ini lebih cenderung pada bangunan lubang/bunker. Bangunan pertahanan ini menandakan bahwa wilayah Indarung dahulunya dianggap penting bagi Jepang, sehingga untuk mempertahankan wilayah tersebut, dibangunanlah bunker/lubang dibuat tidak hanya untuk pertahanan juga untuk pengintaian terhadap musuh.

Posisi Indarung yang strategis dan padat dilalui oleh kapal-kapal dagang sejak zaman Kolonial Belanda hingga Pendudukan Jepang, mengakibatkan kemudian Jepang mendirian bangunan pertahanan yang mengarah ke a rah laut. Kemudian ditambahkan pula, meriam yang berada di atas bangunan bunker di Indarung ini berdasarkan hasil identifikasi objek, tim pelaksana kegiatan berkesimpulan bahwa meriam ini merupakan tinggalan Belanda. Yang menjadi dasar utama adalah terdapatnya logo berupa “mahkota” yang merupakan ciri khusus dan lazim digunakan pemerintah kolonial Belanda pada masa itu.

Meriam ini dibuat pada tahun 1916, yakni pada masa Perang Dunia pertama. Namun dalam perkembangannya, diperkirakan meriam ini tetap difungsikan oleh tentara Jepang pada masa Perang Dunia Kedua. Melihat keletakan objek yang berada pada tempat yang tinggi (sangat strategis), keberadaan meriam 42 Kawasan Pertahanan Jepang Indarung terdiri dari bangunan lubang jepang (Bunker) dan juga meriam, dua diantaranya dilengkapi dengan meriam dari masa Kolonial Belanda dan satu bunker lainnya tidak dilengkapi dengan meriam.

Berdasarkan inskripsi yang terdapat pada bagian pangkal meriam yang diperkirakan nomor register pabrik, tahun pembuat meriam. ini difungsikan sebagai pertahanan atau penjagaan objek vital khususnya pabrik Semen Padang yang mulai berproduksi tahun 1910. Dari sisi ekonomis, pabrik Semen Padang dinilai memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Kawasan Pertahanan Jepang Indarung ini berada pada are Lapangan Golf milik dari PT Semen Padang. Pada kawasan ini setidaknya terdapat 3 objek yaitu 2 bangunan bunker yang dilengkapi dengan meriam dan 1 bangunan bunker yang tidak dilengkapi dengan meriam.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Padang.pdf
Comments
Loading...