Kompleks Pertahanan Jepang Gunung Pangilun Padang

0 26

Kompleks Pertahanan Jepang Gunung Pangilun

Kawasan Pertahanan Jepang di Gunung Pangilun ini merupakan salah satu bukti tinggalan bangunan pertahanan masa pendudukan Jepang di perbukitan atau pedalaman Sumatera Barat pada era Perang Dunia II, khususnya sekitar tahun 1942-1945. Bangunan pertahanan yang berada di Kawasan perbukitan Gunung Pangilun ini merupakan salah satu bagian rencana pertahanan Jepang atas Kota Padang. Dengan letak kawasan yang relatif tinggi, maka dari puncak bukit dapat diamati keberadaan pantai barat dan Kota Padang secara menyeluruh. Menurut analisis tim pelaksana, kawasan ini dijadikan Jepang sebagai alternatif pertahanan kedua sesudah garis pantai.

Secara umum bangunan pertahanan di kawasan ini didominasi oleh lubang pertahanan dan tempat perlindungan. Berdasarkan keterangan masyarakat, lubang-lubang ini memiliki keterkaitan atau terhubung satu sama lainnya serta menghubungkan antara garis depan dan garis belakang. Bangunan-bangunan tersebut dibangun dengan mempertimbangkan keletakan serta memanfaatkan kondisi geografis yang berupa perbukitan. Pada umumnya bangunan-bangunan tersebut dibangun dilereng perbukitan serta diatas puncak bukit. Diperkirakan objek dibangun Jepang pada dalam periode tahun 1943-1945, saat Jepang berkonsentrasi untuk mempertahankan pantai barat Sumatera.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Padang.pdf
Comments
Loading...