Kompleks Oditur Militer Padang

0 11

Kompleks Oditur Militer Padang

Dari hasil survei literatur, bangunan ini pada masa kolonial dipergunakan sebagai rumah serdadu Belanda. Saat ini dipergunakan sebagai kantor Mahkamah dan Oditur Militer. Akses ke Kompelsk Mahmil dan Oditur Militer sangat mudah, karena lokasi situs berada di dekat jalan raya utama (Jalan Sudirman), sehingga bisa dilalui dengan kendaraan roda dua lebih. Lokasi tidak jauh dari Rumah Dinas Gubenur Sumatera Barat, berada di seberang SMP 1 Padang.

Kompleks gedung mahmil dan Oditur militer ini terdiri dari tiga bangunan yang berderet dari arah timur ke barat, yaitu gedung mahkamah militer, gedung ruang sidang, dan gedung Oditur. Keistimewaan bangunan-bangunan ini terletak pada ornament lantai dan langitlangit yang sangat bervariasi, yang menunjukkan teknik pengerjaan yang berkualitas baik. Tampilan secara keseluruhan juga belum mengalami perubahan dari bentuk dan arsitektur aslinya. Atap gedung sebelah utara dan tengah berupa atap genteng, sedangkan bangunan sebelah timur berupa atap seng. Bangunan yang berderet tiga tersebut merupakan bangunan :
1. Kantor Mahkamah Militer
2. Ruang sidang militer
3. Oditur militer

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Padang.pdf
Comments
Loading...