Kompleks MAN Salatiga

0 230

Lokasi Kompleks MAN

Kompleks MAN terletak di Jalan Wahid Hasyim 12, Salatiga, Jawa Tengah.

Kompleks MAN

Bangunan MAN ini pada masa kolonial berfungsi sebagai bangunan perkantoran. Bangunan yang sekarang difungsikan sebagai sekolah masih asli dan terawat. Jika di amati bangunan ini tampak jelas memperlihatkan ciri arsitektur kolonial. Ciri arsitektur kolonial ini tampak jelas dengan penggunaan ornamen atap berupa lucarn dan lantem. Bangunan MAN merupakan satu-satunya bangunan berciri kolonial di Kota Salatiga yang menggunakan ornamen lucarn dan latern.

Bangunan MAN Salatiga merupakan bangunan yang dapat membuktikan bahwa Kota Salatiga dulu dirancang sebagai kota modern. Sebagaimana diketahui ciri khas kota modern adalah beberapa fasilitas penunjang kota. Bangunan MAN Salatiga merupakan salah satu fasilitas kota modern, khususnya fasilitas perkantoran.

Bangunan MAN Salatiga harus terus dijaga kelestariannya. Bangunan ini merupakan bukti yang menegaskan sejarah Kota Salatiga sebagai kota modern pada saat itu. Difungsikannya bangunan sebagai sekolah sampai sekarang merupakan sebuah keuntungan tersendiri untuk kelestariannya.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/kompleks-man-satu-satunya-bangunan-di-salatiga-dengan-lucarn-dan-lantem/
Comments
Loading...