Kompleks Makam Tempe Sulawesi Selatan

0 81

Lokasi Kompleks Makam Tempe

Kompleks Makam Tempe terletak di Kelurahan Mattiro Tappareng, Kecamatan Tempe, Sulawesi Selatan.

Kompleks Makam Tempe

Kompleks makam ini berada di sisi jalan raya yang berhadapan langsung dengan danau Tempe.Kompleks makam ini terletak pada titik koordinat04˚07’07.3”Lintang Selatan dan 120˚01’22.7”Bujur Timur dengan ketinggian 35 meter dpl. Danau Tempe terletak di bagian Barat Kabupaten Wajo.Tepatnya di Kecamatan Tempe, sekitar 7 km dari Kota Sengkang menuju tepi Sungai Walanae.

Dari sungai ini, perjalanan ke Danau Tempe dapat ditempuh sekitar 30 menit dengan menggunakan perahu motor (katinting). Perkampungan nelayan bernuansa Bugis berjejer di sepanjang tepi danau. Nelayan yang menangkap ikan di tengah danau seluas 13.000 hektare itu dengan latar belakang rumah terapung, merupakan pemandangan yang sangat menarik. Dari ketinggian, Danau Tempe tampak bagaikan sebuah baskom raksasa yang diapit oleh tiga kabupaten yaitu Wajo, Soppeng, dan Sidrap.

Kompleks Makam Tempe merupakan daerah perbukitan yang berdekatan dengan mesjid. Di sekitarnya merupakan pemukiman penduduk yang cukup padat. Di Kompleks makam ini terlihat beberapa makam kuno dengan berbagai variasi nisan. Selain makam-makam kuno juga terdapat makam-makam baru. Dalam eksplorasi dikompleks makam ini, hanya dua bentuk nisan yang dideskripsi yaitu nisan berbentuk pipih dan nisan menhir dengan ukuran sebagai berikut :

  • Nisan Pipih

Nisan ini berbentuk persegi panjang dengan tipe pipih dan terbuat dari batu padas, terdapat motif garis-garis horisontal sebanyak 24 garis dan dibagian tengah pada nisan memiliki motif cakra/lingkaran. Ukuran nisan yaitu :

–          Tinggi                   : 160 cm

–          Lebar atas           : 62 cm

–          Lebar dasar         : 92 cm

–          Ketebalan            : 20 cm

  • Nisan Menhir

Nisan menhir terletak di tengah kompleks makam tebuat dari batu padas yang berukuran

–          Tinggi                   : 270 cm

–          Lebar                    : 60 cm

–          Tebal                    : 27 cm

Source http://www.arkeologi-sulawesi.com//index.php http://www.arkeologi-sulawesi.com//berita-132/kompleks-makam-tempe.html
Comments
Loading...