situsbudaya.id

Kompleks Makam Tambulese Sulawesi Barat

0 35

Lokasi Kompleks Makam Tambulese

Kompleks Makam Tambulese terletak di wilayah Dusun Teppo Kelurahan Baru, Kecamatan Banggae Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Kompleks Makam Tambulese

Jumlah makam 79 dan orientasi berkisar 5º-20º dari utara. Terdapat 3 tipe jirat yaitu monolit, pasang-sambung dan semi monolit. Semi monolit terlihat pada nisan yang secara umum sama dengan tipe monolit, akan tetapi unsur gunongan dibuat terpisah. Demikian pula pada jirat yang masif dan berjumlah 25 terdapat dua cerukan pada kedua ujung untuk menempatkan gunongan.

Jirat dengan tipe monolit umunya polos atau hiasan, dengan panjang jirat kurang dari 100 cm. jumlah jirat semacam ini populasinya paling sedikit yaitu hanya 4. Jirat dengan tipe pasang sambung juga polos, bertingkat tiga dan selalu disertai gunongan. Jumlah jirat pasang sambung berjumlah 25 bertingkat tiga dan umumnya polos. Pengukuran pada makam-makam yang ada dipilih tiga yaitu makam besar, sedang dan kecil. Ukuran jirat yang besar yaitu panjang : 278 cm, lebar : 192 cm, dan tinggi 178 (diukur dari dasar hingga ujung atas gunongan). Ukuran jirat yang sedang yaitu panjang : 178 cm, lebar 120 cm, dan tinggi (dasar hingga bagian atas gunongan : 140 cm. Jirat kecil dengan ukuran panjang : 80 cm, lebar : 38 cm, dan tinggi 50 cm.

Nisan-nisan di Kompleks Makam Tambulese banyak yang sudah tidak pada tempatnya, sedangkan tipe yang dijumpai hanya tiga yaitu balok E, segi delapan B dan pipih A. tipe nisan balok E diberikan pada nisan dengan bentuk dasar balok yang cenderung berprofil lurus, sehingga terkesan monoton. Bagian atas di batasi lekukan kedalam permukaan yang rata. Tokoh utama yang dimakamkan bernama Puatta I Bali. Diantara nisan segi 8 B salah satunya berinskripsi huruf Arab terbaca Laa Illaha Illallah.

Source http://www.arkeologi-sulawesi.com//index.php http://www.arkeologi-sulawesi.com//berita-106/kompleks-makam-tambulese.html
Comments
Loading...