Kompleks Makam Tambulese, Situs Pemakaman Bersejarah Di Teppo, Kab. Majene

0 22

Kompleks Makam Tambulese, Situs Pemakaman Bersejarah Di Teppo, Kab. Majene

Kompleks makam Tambulese, adalah lokasi pemakaman bersejarah yang dimiliki oleh Majene, Sulawesi Barat. Berada di Lingkungan Teppo, Kelurahan Baru, Kecamatan Banggae Kabupaten Majene dengan topografi di atas bukit dengan ketinggian sekitar 55 m dari permukaan laut. Dalam kawasan kompleks terdapat sekitar 79 buah makam dengan berbagai macam ukuran, dan bahan nisan.

Kompleks Tambulese berbeda jika dibandingkan dengan makam-makam bersejarah lain yang ditemukan di kabupaten Majene, yaitu bahwa batu yang digunakan untuk membuat nisan terbuat daribatu berwarna putih. Jika di kompleks makam Imanang, Kubang dan pemakaman raja dan hadat banggae Mandar Ondongang dominan menggunakan bahan makam yang terbuat dari batu nisan berwarna hitam, maka kompleks makam Tambulese sangat berbeda.

Anda dapat mengakses objek wisata bersejarah ini dari pusat kota Majene menuju daerah utara tidak jauh dari Rumah Sakit Umum Daerah Kab, Majene, anda berbelok ke arah kanan tepat di persimpangan lampu merah menuju lingkungan Teppoq. Tepat di gerbang makam maka anda akan disambut dengan penanda sederhana berwarna putih beratapkan seng bertuliskan “Kompleks Makam Tambulese”, di sudut kanan tertulis Dinas P&K Kab, Majene, dari teknik penulisannya kita sudah bisa menebak kapan penanda ini dibuat, saat ini pegelolaannya berada di bawah DISPORABUDPAR kabupaten.

Bahan batu nisan makam yang digunakan didominasi bahan batu solid berwarna putih dengan aturan yang cukup rapi terlihat. Untuk bentuk nisan nyaris sama bentuknya dengan nisan yang terdapat di pemakaman raja dan hadat kerajaan Banggae di buttu Ondongang.

Memiliki nisan dengan ragam hias unik dengan pola tertentu dan terlihat sagat artistik, diperkirakan dibuat dengan teknik memahat batu yang sangat berkembang di masa itu. Ada pekerjaan memahat batu yang sangat detail di setiap pola yang terlihat.

Diantara beberapa makam terdapat beberapa yang berukuran agak lebih besar dibandingkan lainnya, tampaknya semakin besar dan tinggi ukuran makam yang ada maka makin tingi status sosial pemilik makam semasa hidupnya. Disamping itu juga terdapat makam lainnya yang berukuran agak kecil, dengan nisan yang langsung terlihat di atasa permukaan tanah, tidak memiliki tingkatan batu.

Dari ragam hias di nisan makam terlihat pola bunga dan daun, salah satu ciri khas pemakaman yang diidentikkan dengan Islam dengan arah membujur dari utara ke selatan dan menghadap barat atau timur.

Kompleks makam ini cukup indah, ada banyak pohon kelapa berukurn kecil di sekitarnya. Karena berada di ketinggian, di sisi bukit Totoli dan berada diatas tebing yang dibawahnya terdapat sungai kecil menambah panorama berbeda makam ini.

Source kompadansamandar.blogspot.co http://kompadansamandar.blogspot.com/2014/05/kompleks-makam-tambulese-situs.html#
Comments
Loading...