Kompleks Makam Sultan Ibrahim Shah Tanjungpinang

0 18

Kompleks Makam Sultan Ibrahim Shah

Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut berkaitan dengan Sultan Ibrahim Shah serta tokoh lainnya yang berada di dalam kompleks makam ini. Kompleks Makam Ibrahim Shah berada di dalam sebuah pagar tembok yang terbuat dari campuran bouksit dengan pasir, dengan ukuran panjang 10,65 m lebar 7,20 m, tebal 45 cm, dan tinggi 1 m.

Pada sisi sebelah barat terdapat tangga masuk dengan empat buah anak tangga. panjang anak tangga 90 cm, lebar 35 cm, tebal 30 cm (bagian luar), pada bagian dalam terdapat dua buah anak tangga dengan ukuran panjang 90 cm, lebar 35 cm dan tebal 30 cm. Tembok pada sisi utara mengalami keretakan dan sebagian rusak kurang lebih satu setengah meter (atau sudut barat laut). Pada bagian tengah tembok juga ditumbuhi pohon besar yang akarnya tumbuh dan mengikat tembok sisi utara Tembok pada sisi selatan kondisinya sudah retak dan tidak simetris lagi. Pada sudut tenggara ditumbuhi pohon besar yang akarnya mengikat tembok tersebut.

Pada sisi luar tembok bagian selatan terdapat makam menempel dengan tembok dengan panjang 230 cm dan lebar 110 cm, makam tersebut ditumbuhi pohon besar pada bagian kepalanya. Sisi barat mengalami keretakan dan pada bagian atas tembok mengalami pengikisan serta ditumbuhi oleh pohon. Dan hampir diseluruh permukaan tembok ini ditumbuhi oleh lumut dan ganggang yang dapat menyebabkan rapuhnya permukaan dinding Bagian dalam dari pagar tembok ini terdapat enam buah makam.

Dari keenam makam tersebut dua diantaranya merupakan makam baru, yaitu makam yang berada di sisi barat atau yang dekat dengan tangga masuk kompleks makam Sultan Ibrahim Shah. Kedua makam tersebut terdiri dari jirat dan nisan, jiratnya terbuat dari susunan bata berplester dan nisannya terbuat dari batu marmer. Pada salah satu makam tersebut terdapat inskripsi yang menyebutkan bahwa orang yang dimakamkan bernama Ruqyah binti Ahmad yang wafat pada tahun 1938, namun tidak dapat diketahui siapakah beliau.

Dua makam lagi adalah makam dengan ukuran besar, salah satu makam inilah yang diyakini oleh masyarakat setempat sebagai makam Sultan Ibrahim Shah atau Raja Ibrahim Putra Bajau. Makam beliau memiliki jirat dengan tiga buah tingkatan tetapi tidak memiliki nisan, hanya terdapat sebuah batu tanpa ada pengerjaan dan itupun tidak ditanamkan pada tanah yang diletakkan dibagian kaki makam. Jirat dengan tiga buah undakan memiliki ukuran sebagai berikut: Panjang undakan pertama adalah 324 cm, undakan kedua 290 cm dan undakan ketiga 254 cm; Lebar undakan pertama 135 cm, lebar undakan kedua 105 cm, dan undakan ketiga 75 cm; Tinggi dari setiap undakan sebagai berikut undakan pertama memiliki tinggi 25 cm, undakan kedua memiliki tinggi 21 cm dan undakan ketiga memiliki tinggi 17 cm, sehingga tinggi secara keseluruhan adalah 63 cm. Bahan yang digunakan sebagai penyusun jirat sama dengan bahan yang menyusun pagar keliling kompleks makam ini yaitu terbuat dari campuran bouksit dengan pasir.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Tanjung-Pinang.pdf
Comments
Loading...