Kompleks Makam Suku 50 Kep. Meranti

0 5

Kompleks Makam Suku 50

Sejarah tentang makam ini tidak ada yang diketahui secara pastl. Ketika dltanya pada tokoh masyarakat, yang kebetulan juga ketua pengurus masjid Alfalah, juga tidak mau memberikan penjelasan tentang sejarah makam lama ini. Kelihatanya sama dengan keberadaan masjid Alfalah. Masyarakat tldak mau berspekulasi tentang sejarah makam lama ini. Karena alasan akan menimbulkan pergesekan dengan masyarakat sekitar. Jadi ini memang perlu dipahami, hal ini juga berkaitan dengan heterogen kebudayaan masyarakat yang ada di Kepulauan Selat panjang.

Menurut hasil wawancara dengan jupel yang bernama tengku menurutnya makam keluarga ini ada hubungan keluarga dengan dari raja kecik dari keturunan raja siak. Makam lama terletak di tengah perkotaan kota Selat Panjang. Keberadaan makam ini tidak terlepas dari keberadaan masjid Alfalah. Karena bisa diperklrakan makarn ini dulunya merupakan tempat pemakaman orang-orang yang kehidupa nya memiliki hubungan erat dengan keberadaan masjid dimaksud. Makam ini memiliki nisa tipe aceh. Tapi dilihat dari bentuk nisan sangat sederhana. Pada nisan ini juga tidak ada tulisan atau prasasti yang bisa dijadikan sebagai petunjuk. Tapi dilihat dari bentuk nisan ini, terutama dilihat dari tingkat kehausan nlsan sudah berumur puluhan tahun.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kepulauan-Meranti-BPCB.pdf
Comments
Loading...