Kompleks Makam Sangia La Ihori Sulawesi Tenggara

0 77

Kompleks Makam Sangia La Ihori

Makam berada didalam Benteng Lipu. Untuk menuju makam, dari Lawa Ea berjalan ±100 m ke timur lalu membelok ke kiri melewati setapak beton ± 50 m. Makam telah diberi cungkup dengan dinding beton berjeruji besi dan atap berbahan seng. Letak astronomis makam berada dititik 4º 47’ 01,2” LS dan 123º 10’ 47,7” dengan ketinggian 36 mdiatas permukaan laut.

Makam Sangia La Ihori memiliki dua nisan berbahan batu padas yang dipangkas dan dihaluskan. Menurut keterangan Kasim (salah satu juru kunci benteng lipu), Makam ini mulai di pugar pada tahun 1997. Makam memiliki cungkup dengan tinggi = 5.50 m, terdiri dari 8 tiang beton, dan bentuk cungkupnya sama dengan makam Ima Ea.

Saat ini makam Sangia Laihori telah diberi penutup dan sekelilingnya telah dipagar. Tidak diketahui secara pasti berapa makam yang ada di dalamnya. Karena saat ini hanya tersisa satu buah bangunan makam yang masih terlihat utuh jirat dan nisannya, sedangkan makam lainnya hanya menyisakan satu buah papan jirat. Beberapa nisan sebagian besar tertimbun oleh tanah. Sangia La Ihori adalah seorang pejuang tradional pada masa pemerintahan La Ode-ode raja Kulisusu I.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/445/
Comments
Loading...