situsbudaya.id

Kompleks Makam Raja Sao-Sao Sulawesi Tenggara

0 16

Lokasi Kompleks Makam Raja Sao-Sao

Kompleks Makam Raja Sao-Sao terletak di sekitar Taman Hutan Raya Baruga, tepatnya di Lepo-Lepo, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Baruga Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Kompleks Makam Raja Sao-Sao

Makan raja biasanya berada di tempat khusus yang istimewa, tetapi tidak demikian dengan makam Raja Sao-Sao yang terletak di pinggir jalan raya. Lokasi makam juga tidak istimewa sebagaimana layaknya makam raja. Makam Raja Sao-Sa0 berdekatan dengan bengkel, toko sembako dan toko furniture.

Persis di depan makam terdapat papan nama yang bertuliskan “Cagar Budaya Nasional”, ada pintu pagar terbuat dari besi sebagai akses masuk ke makam. Model makamnya berundak terbuat dari keramik berwarna merah maroon, sebagaimana makam pada umumnya, tidak ada keistimewaan dari makam Raja Sao-Sao ini, tetapi apa yang tertera di batu nisan, menjadikannya istimewa, karena benar, ini adalah makam seorang Raja.

Di nisannya terlukiskan inskripsi “Makam Raja Sao-Sao, lahir 1852 memerintah di tahun 1876 dan wafat pada tahun 1928”. Meski nampak biasa saja, namun sesungguhnya ini mewakili kejayaan Kerajaan Laiwui yang menjadi cikal bakal berdirinya Kota Kendari.

Source https://www.wartasultra.id/ https://www.wartasultra.id/2017/03/31/makam-raja-sao-sao-kejayaan-kerajaan-laiwui-yang-terkubur-di-pinggir-jalan/
Comments
Loading...