Kompleks Makam Raja-raja Gunung Sahilan Riau

0 146

Lokasi Kompleks Makam Raja-raja Gunung Sahilan

Kompleks Makam Raja-raja Gunung Sahilan terletak di sebelah baratdaya bangunan Istana Kerajaan Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar, Riau.

Kompleks Makam Raja-raja Gunung Sahilan

Keberadaan makam Raja-raja Gunung Sahilan ini tidak terlepas dari keberadaan serta eksistensi dari Kerajaan Gunung Sahilan itu sendiri. Melalui Hasil Wawancara dengan Tengku Rahmad Ali, Utama Warman dan Tengku Arifin bin Tengku Sulung pewaris kerajaan Gunung Sahilan yang dikutip dari situs web. sungaikuantan.com, diketahui bahwa kerajaan Gunung Sahilan dimulai dari tahun 1700 dengan raja I Tengku Yang Dipertuan (TYD) Bujang Sati.

Pada umumnya yang dikuburkan dalam areal pekuburan ini merupakan raja-raja, pembesar kerajaan, serta karib dan keluarga dari Kerajaan. Berdasarkan analisa tim, diperkirakan keberadaan makam ini dimulai sezaman dengan kehadiran Kerajaan Gunung Ibul dan Gunung Sahilan itu sendiri yakni pra Kerajaan Gunung Sahilan sebelum tahun 1700 (sebelum Raja Tengku Yang Dipertuan (TYD) Bujang Sati) sampai masa kemerdekaan tahun 1940-an.

Dalam rentang waktu yang panjang itu sampai dengan sekarang diperkirakan sudah puluhan makam dari raja-raja, pembesar kerajaan, serta karib dan keluarga dari Kerajaan yang dimakamkan di kompleks makam ini. Namun untuk mengidentifikasi nama tokoh dari masing-masing makam diperkirakan sudah sulit, mengingat partanggalan serta penamaan pada makam tidak ada.

Makam Raja-raja Gunung Sahilan ini berada dalam areal seluas 19,20 m x 9,5 m. Dalam areal ini terdapat 17 buah makam yang masih dapat dilihat secara kasat mata (ada beberapa makam yang sudah hampir hilang karena nisan dan jiratnya sudah tertimbun oleh tanah).

Secara umum dari keselurahan makam-makam yang berada dalam lokasi, terdapat 5 (lima) buah makam yang sudah ditembok dan diberi keramik, dan tanpa nisan. Pada areal ini juga terdapat beberapa makam yang nisannya berupa nisan lokal, yang terbuat dari batu andesit tanpa motif dan pengerjaan, yang langsung ditanam di dalam tanah. Namun ada juga beberapa makam yang yang memiliki nisan berbentuk tipe aceh dengan pola dan motif flora.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/2017/11/01/kompleks-makam-raja-raja-gunung-sahilan/
Comments
Loading...