Kompleks Makam Raja dan Menteri Kerajaan Indragiri

0 33

Kompleks Makam Raja dan Menteri Kerajaan Indragiri

Kompleks Makam Menteri Kerajaan Indragiri merupakan lahan bagi pemakaman Raja-raja Indragiri, menteri, keluarga beserta pembesar Kerajaan Indragiri lainnya. Secara umum kompleks pemakaman ini yang dimakamkan adalah Sultan KerajaanIndragiri ke XVIII – XXV. Namun makam pada area ini yang masih dapat diketahui antara lain :

  • Raja Haji Muhammad gelar Engku Togok. Engku Togok adalah Mentri Kelautan Kerajaan Indragiri yang diberi kekuasan oleh Sultan Isa (Sultan Indragiri ke XXIV). untuk untuk menjalankan tugas pemungutan Cukai di Kawasan Laut yang meliputi: Kampung Laut, Concong Luar dan Concong Dalam, Kabupaten Indragiri Hilir sekarang. Beliau adalah orang yang membangun Istana Menteri Kerajaan Indragiri yang lazim dikenal masyarakat Rengat dengan sebutan Rumah Tinggi Rengat,dibangun pada tahun 1885 M.
  • Raja Mun Bungsu gelar Sultan Mun, merupakan Sultan ke• XIX yang memerintah pada tahun 1815 – 1827. Ketika itu Pusat Pemerintahan Kerajaan Indragiri berada di Raja Pura atau Desa Japura sekarang. Beliau dimakamkan disamping Ayahndanya Sultan Ibrahim Sultan Kerajaan Indragiri.

Berdasarkan keterangan masyarakat dan pertanggalan pada objek, terdapat beberapa kali rehab yang dilakukan pada objek antara lain: pagar, gerbang pada tahun 2002 dan jirat pada tahun 2013 yang dilakukan oleh pemda Kab. Indragiri. Lokasi pemakaman ini sudah bercampur dengan pemakaman baru. Namun makam lama dapat dilihat dari bentuk nisan. Semua nisan makam merupakan nisan tipe Riau berbentuk gada segi delapan. Terbuat dari batu granit, tanpa ragam hias.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Indragiri-Hulu-BPCB.pdf
Comments
Loading...