Kompleks Makam Ondongan Sulawesi Barat

0 50

Lokasi Kompleks Makam Ondongan

Kompleks Makam Ondongan terletak di Kelurahan Pangali-Ali, Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Kompleks Makam Ondongan

Keberadaannya mudah dijangkau karena termasuk dalam wilayah kota Majene yaitu berada pada ketinggian kurang lebih 35 meter di atas permukaan laut di atas bukit tepi pantai Kota Majene. Di dalam Kompleks Makam Ondongan dengan luas 1,6 Ha atau 10.589m2terdapat 593 makam dengan berbagai bentuk dan ukuran bahkan juga nisan dari bahan yang bervariasi (batu padas, andesit dan kayu). Tidak seperti kompleks makam lainnya, makam-makam raja Ondongan terletak dekat sekali dengan selat Makassar, tepatnya di tebing panta. Sedangkan di bagian barat laut berupa perkampungan dan perbukitan. Orientasi makam antara 310º-350º dari utara (N310˚-350˚E).

Tipe jirat berupa monolit dan pasang-sambung. Dari jumlah makam yang ada, berhasil didata 95 makam sebagai tipe monolit. Jirat monolit umumnya polos, bertingkat 2 atau 3 dan beberapa di antaranya tanpa gunongan. Hiasan yang ada meliputi motif bunga dan bentuk-bentuk geometris. Jirat dengan tipe pasang sambung dibuat bertingkat dari 1-5 dan selalu dilengkapi dengan gunongan. Dengan motif yang hampir sama dengan tipe monolit, pola hias umumnya diukir pada bagian atas jirat dan gunongan. Jumlah jirat semacam ini yang berhasil dicatat adalah 88 makam. Dibawah ini diuraikan komposisi tipe jirat beserta ukuran terbesar dan terkecil.

Source http://www.arkeologi-sulawesi.com//index.php http://www.arkeologi-sulawesi.com//berita-82/kompleks-makam-ondongan.html
Comments
Loading...