Kompleks Makam Narasinga II Indragiri Hulu

0 9

Kompleks Makam Narasinga II

Pada kompleks makam ini terdapat sebelas makam. Makam yang penting pada kompleks makam ini adalah makam Narasinga II dan makam Sultan Usuluddin. Makam Narasingga II berada pada tanah yang paling tinggi dibandingkan dengan makam lainnya. Sekeliling makam terdapat parit tanah yang cukup dalam (sekitar 4 m ). Parit ini mengelilingi kompleks makam mengikuti bentukan tanah makam yang makin ke utara makin rendah. Narasinga II adalah sebagai Raja Kerajaan Indragiri ke – 4 yang menetap di Rengat. Nisan makam Narasinga II terbuat dari bahan granit, sedangkan jirat dari bahan batu andesit dengan arah orientasi utara-selatan. Jirat berbentuk susunan berupa tiga undakan. Nisan berukuran tinggi 84 cm, lebar 49 cm dan tebal 21 cm.

Pada bagian badan nisan terdapat tulisan yang diukir dengan bahasa Arab. Bentuk nisan berbentuk tipe aceh dengan hiasan kombinasi antara lengkung-lengkung stiliran dan garis-garis vertikal yang dibuat secara timbul. Pada Makam Raja Nara Singa II terdapat dua buah Batu Nisan tipe Aceh yang terbuat dari batu jenis Andesit dan sebuah jerat asli yang terbuat dari batu jenis Granit. yang di dalamnya tedapat sebelas makam pendamping,diantaranya adalah : Makam Sultan Usuluddin,Putra Mahkota Raja Nara Singa II,Sultan Kerajan Indragiri ke V. Makam Jendral Verdicho Marloce,seorang panglima perang Portugis yang di tawan Narasinga II ketika merebut Kota Malaka dari kekuasaan Portugis dan Makam Para Mentri Kerajaan Indragiri semasa pemerintahan Raja Narasinga II menjadi Sultan Kerajaan Indragiri ke IV.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Indragiri-Hulu-BPCB.pdf
Comments
Loading...