Kompleks Makam Matindo Ri Salassana Sulawesi Barat

0 47

Lokasi Kompleks Makam Matindo Ri Salassana

Kompleks Makam Matindo Ri Salassana terletak di dalam wilayah Desa Tamangalle, Kecamatan Balangnipa, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Kompleks Makam Matindo Ri Salassana

Tokoh utama yang dimakamkan di situs ini adalahDaeng Marumpang merupakan Raja XXII Kerajaan Balangnipa. Raja ini memiliki 2 orang isteri, isteri I adalah anak dari Raja Luwu dan isteri kedua adalah Raja Soppeng. Kompleks makam ini dipagar dengan susunan balok batu alam berbentuk persegi panjang yang masing-masing  panjangnya berukuran 20 meter dan lebarnya 4 meter. Sementara ukuran tinggi pagar adalah 40 cm dan tebal pagar 19 cm.

Keseluruhan makam yang terdapat di kompleks ini (dalam pagar) sebanyak 20 buah dan 7 buah di luar pagar. Setiap makam memiliki jirat  dan nisan yang di stilir (diberi dekorasi) berupa sulur daun. Khusus makam Raja XXII jirat makamnya memakai balok disusun-timbun berbentuk gunungan dan diberi hiasan flora yang kaya serta memakai nisan hulu keris berpasangan dengan nisan gada yang semuanya distilir dengan sulur daun. Dari keseluruhan makam yang dapat diamati di kompleks makam ini, tampak ada dua model jirat, yaitu jirat dengan batu antero dan jirat dengan balok yang disusun-timbun. Sementara nisan umumnya memakai nisan yang sama dengan makam raja, serta adapula yang memakai nisan gada yang berpasangan dengan nisan pipih.

Berdasarkan keterangan penduduk setempat bahwa selain raja yang dimakamkan di temapat ini, juga ada makam dari kerabat  raja. Jika melihat keletakan makam-makam di kompleks ini, ada dugaan bahwa makam di dalam pagar dikhususkan untuk penguburan raja dan kerabatnya saja, sedang makam yang ada di luar pagar kemungkinan kerabat raja juga, tetapi dimakamkan pada periode kemudian. Selain pengamatan terhadap wilayah inti kompleks makam, tim juga melakukan pengamatan arkeologi di sekitar lingkungan kompleks makam. Dari pengamatan yang dilakukan, tim mengunpulkan beberapa fragmen keramik (keramik eropa) dan sedikit fragmen gerabah.

Source http://www.arkeologi-sulawesi.com//index.php http://www.arkeologi-sulawesi.com//berita-83/kompleks-makam-matindo-ri-salassana.html
Comments
Loading...