situsbudaya.id

Kompleks Makam Latenri Ruwa Sulawesi Selatan

0 39

Lokasi Kompleks Makam Latenri Ruwa

Kompleks Makam Latenri Ruwa terletak di kelurahan Pallantikang, kecamatan Bantaeng, kabupaten Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan.

Kompleks Makam Latenri Ruwa

Kompleks Makam ini berada pada posisi S05º32’45.0” dan T119 º57’82’.2” dengan ketinggian 15 meter dari permukaan laut, dimana situs ini berada di tengah-tengah pemukiman warga. Kondisi situs ini cukup terawat, banyak pohon yang terdapat dalam kompleks makam ini seperti pohon palem raja (Roystonea regia), Pohon lontar atau pohon siwalan (Borassus flabellifer), Pohon ketapang (Terminalia catappa), Pohon asam (Tamarindus indica), Pohon kelapa (Cocos nucifera) dan beberapa tumbuhan lainnya. Dalam kompleks makam Latenri Ruwa ini terdiri atas dua makam yaitu makam kuno dan makam baru. Namun dalam penelitian ini, hanya di fokuskan pada makam kuno saja.

Sedangkan makam baru tidak di masukkan mengingat makam tersebut bukanlah tinggalan cagar budaya. Dari hasil survei yang dilakukan dilapangan maka diperoleh data mengenai jumlah makam pada komplesk makam ini yaitu sebanyak 152 buah makam. Dari 152 makam yang ada, kemudian akan diklaifikasi berdasarkan bentuk yang ada dan kemudian akan terbagi-bagi lagi dalam atribut-atribut terkecil. Berikut penjabaran ukuran makam yang ada di Kompleks Makam Latenri Ruwa.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/kegiatan-konservasi-kompleks-makam-latenri-ruwa-di-kabupaten-bantaeng-provinsi-sulawesi-selatan/
Comments
Loading...