Kompleks Makam Kuno Leubok Tuwe Makam Syuhada Awal Samudra Pasai

0 14

Kompleks Makam Kuno Leubok Tuwe Makam Syuhada Awal Samudra Pasai

Khusus untuk kajian terhadap Samudra Pasai, hingga kini belum ada satupun teori yang mampu menggeser posisi Malik As Salih sebagai sultan pertama kerajaan tersebut. Namun, tampaknya fakta sejarah perlu untuk dikaji kembali dalam waktu dekat. Pada 2012, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara menerima laporan mengenai nisan bertarikh dari kompleks makam kuno. Makam itu terletak di Jalan Irigasi Krueng Pase, Dusun Pom, Desa Leubok Tuwe, Kecamatan Meurah Mulia, Kabupaten Aceh Utara. Oleh warga sekitar dikenal dengan Jrat Habib.

Kompleks makam tersebut tersembunyi di antara sawah dan perkebunan sawit yang mengelilinginya. Tinggalan arkeologis pada Kompleks Makam Leubok Tuwe adalah dua nisan berinskripsi arab. Dua nisan polos dengan bentuk mirip nisan Malik As Salih. Hasan Djafar, seorang arkeolog yang sangat pandai membaca prasati, menyatakan bahwa nisan ini merupakan prototype tipe Samudra Pasai. Nisan seperti ini banyak ditemukan di kawasan Banten dan Sumatra bagian selatan. Kemudian juga ada empat nisan besar polos, lima nisan kecil beragam ukuran, dan lima fragmen nisan. Selain itu, ada tiga makam dari masa yang lebih muda dengan nisan batu bulat polos. Inskripsi yang terdapat di dua nisan tersebut telah berhasil dialihaksarakan oleh Ustadz Taqiyyudin Muhammad. Ia adalah seorang ulama dan epigraf kenamaan asal Aceh.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditpcbm/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditpcbm/kompleks-makam-kuno-leubok-tuwe-makam-syuhada-awal-samudra-pasai/
Comments
Loading...