Kompleks Makam Kuno Cot Kandeh

0 82

Kompleks Makam Kuno Cot Kandeh

Kompleks yang diduga cagar budaya, Cot Kandeh berada di koordinat N05.18144º E097.12027º berjarak kurang lebih 4 km dari pusat kota Lhokseumawe, berada di sisi Jalan Trans-Sumatra, tepatnya di belakang Kompleks Perumahan BTN Panggoi Atas pada sisi utara, Kecamatan Muara Dua. Keletakan kompleks ini berada di atas bukit (cot) dan untuk mencapai kelokasi dapat menggunakan kendaraan roda dua dan empat, melalui jalan depan Kantor Serambi Indonesia Lhokseumawe kira-kira ± 2 km.

Pemilik komplek makam ini adalah Nazir Sulaiman, yang berbatas dengan kompleks ini. Menurut Nazir (60), mengutip cerita dari orang-orang tua setempat, penamaan situs Cot Kandeh punya sejarah sendiri. Dulunya, lokasi BTN Panggoi Atas ini dikenal dengan nama Cot Kandeh. Asalnya dari nama pohon Kandeh yang berukuran besar, berada di sekitar kompleks makam keramat yang diduga cagar budaya tersebut. Kini pohon tersebut sudah tidak ada lagi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Cot Kandeh adalah sebutan masyarakat setempat untuk lokasi kompleks makam peninggalan sejarah itu. Di lokasi tersebut ditemukan puluhan batu nisan (48 buah) tipologi zaman Kerajaan Islam Samudra Pasai dan Aceh Darussalam.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbaceh/kompleks-makam-kuno-cot-kandeh-kaya-dengan-nilai-penting-pendidikan-dan-kebudayaan-temuan-makam-kuno-di-cot-kandeh-gampong-meunasah-mesjid-kecamatan-muara-dua-lhokseumawe-aceh/
Comments
Loading...