Kompleks Makam Koto Tinggi Siak

0 41

Kompleks Makam Koto Tinggi

Kompleks makam Koto Tinggi Merupakan makam Sultan Assyadissrafif Ibrahim Abdul Jalil Khaliluddin dan Sultan Assaidissarif Kasim Syaifuddin Marhum Atau Sultan Kasim I merupakan makam tokoh utama, yaitu Sultan Kasim I. Kompleks makam ini diberi pagar tembok keliling setinggi 1,8 meter. Pintu masuk ke kompleks makam berada di sudut baratlaut. Dalam pagar tembok keliling terdapat cungkup yang berada di sudut timur laut yang merupakan makam Sultan Kasim I. Cungkup makam berukuran 2,9 x 2,9 meter terbuat dari kayu berhias dengan kaligrafi petikan dari ayat-ayat Al Quran. Atap cungkup berbentuk kubah. Pada setiap sudutnya terdapat kubah berukuran kecil yang pada ujung atasnya terdapat hiasan bulan bintang.

Cungkup ini dibuat pada tahun 1323 H. Jirat Makam Sultan Kasim I berukuran tinggi 65 cm, lebar 80 cm, dan panjang 200 cm, terbuat dari marmer putih. Pada ke empat sudutnya terdapat hiasan sulur-suluran, tulisan petikan ayat suci Al Quran pada permukaan atas, hiasan medalion stiliran huruf Arab pada sisi utara, dan medalion lambang kerajaan pada sisi selatan. Nisan juga dari marmer putih berbentuk gada dengan hiasan kuncup 9 teratai pada puncaknya. Tinggi nisan 75 cm. Nisan yang ada sekarang tinggal bagian kaki , sedangkan bagian kepala sudah patah. Di luar cungkup terdapat makam sebanyak 62 buah. merupakan makam keluarga dekat Sultan. i mempunyai jirat dari semen . Nisannya dari bahan kayu, batu andesit, dan semen. Bentuk nisan berupa gada dan pipih tipe nisan aceh. Nisan dari kayu umumnya berbentuk pipih dengan hiasan sulur-suluran.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Siak-BPCB.pdf
Comments
Loading...