Kompleks Makam keramat Tujuh Kalimantan Barat

0 82

Kompleks Makam keramat Tujuh

Kompleks Makam keramat Tujuh secara administatif terletak di Jl. Pangeran Kesumajaya, Desa Negeri Baru, Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang. Provinsi Kalimatan Barat. Secara astromonis berada pada 1° 51’ 1.40” LS dan 109° 59’ 35.27” BT. Lokasi kompleks berada di areal kompleks kuburan muslim yang mempunyai luas lahan 3.493,5 m2, terdiri atas dua bangunan bercungkup, bangunan yang pertama mempunyai 5 makam dan banguan yang kedua mempunyai dua makam berikut penjabarannya.

  • Bangunan pertama bercukup utama

Bangunan pertama berupa cungkup utama merupakan bangunan inti makam keramat Tujuh. Mempunyai panjang bangunan 30 m dan lebar 8 m. didalam bangunan tersebut terdapat lima makam yang ditandai dengan nisan utara dan selatan dengan ukuran yang bervariasi, tetapi makam yang ada tidak memiliki jirat.

  • Bangunan Kedua Bercukup

Bangunan kedua bercungkup berada disebelah barat daya dari bangunan cungkup utama. Mempunyai panjang bangunan 8 m dan lebar 6 m, yang didalamnya terdapat 2 makam yang tidak mempunyai jirat dan hanya ditandai dari nisan yang ada.

Peradaban islam di Ketapang dapat diketahui dari beberapa tinggalan arkeologis. Unsur-unsur pemukiman yang masih dapat terlacakyaitu berupa peninggalan makam dengan berbagai bentuk nisan serta inskripsi yang menyertai. Bukti arkeologis di Ketapang mengindikasikan bahwa Islam sudah berkembang pada abad ke-14 dengan bukti tertulisnya inskripsi jawa kuno pada nisan dengan angka tahun 1437.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/kompleks-makam-keramat-tujuh/
Comments
Loading...