Kompleks Makam Kembang Kuning Surabaya

0 329

Lokasi Kompleks Makam Kembang Kuning

Kompleks Makam Kembang Kuning terletak di Jl. Kembang Kuning, Pakis, Kec. Sawahan, Kota Surabaya, Jawa Timur 60256.

Kompleks Makam Kembang Kuning

Orang-orang Suroboyo mengenalnya dengan sebutan kompleks makam kembang kuning yang memiliki nama lain Cemoro Sewu ini. terdapat tokoh2 penting yang mewarnai perjalanan sejarah kota Surabaya dan bangsa Indonesia, kompleks pemakaman ini telah ada sejak zaman kolonial belanda tahun 1917 ini. Kompleks makam ini diperuntukkan untuk warga negara belanda (termasuk eropa), masih difungsikan sampai sekarang yang kemudian berkembang menjadi makam pemeluk agama kristen/katolik. makam terluas di asia tenggara, luasnya mencapai 15 hektar.

Ereveld pemakaman tentara belanda, untuk masuk ke ereveld harus dengan ijin dari konsulat belanda. Pemerintah belanda menyewa tanah dan pegawai untuk komplek pemakaman tersebut. Makam ordo santa ursula, makam ini adalah kumpulan makam para suster dan pastor dari ordo santa ursula sejak kedatangan pertama kali mereka ke jawa sampai sekarang.

Dulu ada gudang balung (tulang), banyak makam belanda yang dipindahkan tengkorak serta tulang belulangnya dan disimpan di gudang balung, namun gudang itu roboh dan semua t tengkorak serta tulang belulang yang tersimpang ikut hancur, sebagian besar makam belanda sudah diambil tengkorak serta tulang belulangnya dan sekaligus harta benda yang ikut dikuburkan (suber: petugas setempat).

Makam G.J. Dijkermann, walikota surabaya tahun 1920-1929, beliau adalah walikota ke-2 surabaya. Di areal tengahnya kompleks makam, terdapat suatu bentuk bangunan menyerupai tugu ataupun monument. Tanda ini lebih dari sekadar monumen di Kembang Kuning.

Source https://jawatimuran.wordpress.com/ https://jawatimuran.wordpress.com/2012/12/09/kompleks-makam-kembang-kuning-surabaya/
Comments
Loading...