Kompleks Makam Embung Fatimah (Permaisuri YDMR X Raja Muhammad Yusuf) Tanjungpinang

0 34

Kompleks Makam Embung Fatimah (Permaisuri YDMR X Raja Muhammad Yusuf)

Embung Fatimah merupakan seorang wanita bangsawan yang pernah dilantik menjadi Sultanah Lingga Riau. Beliau diangkat ,emjadi Sultanah pada tahun 1883 dengan gelar Sultanah Tengku Embung, Sejak dinobatkan menjadi Sultanah di Kerajaan Lingga Riau, beliau selalu melakukan perjalanan dari tempat kedudukannya di Lingga ke tempat kedudukan suaminya (Raja Muhammad Yusuf al-Achmadi Yang Dipertuan Muda X) di Pulau Penyengat. embung Fatimah menjadi Sultanah sejak 1883 sampai 1885 dan digantikan oleh puteranya, Raja Rahman Muazam Syah. Embung Fatimah adalah anak Sultan Mahmudsyah III, permaisuri YDMR X (Raja Muhammad Yusuf, memerintah 1858-1899).

 Perkawinannya dengan Raja Mohammad Yusuf Al-Ahmady telah mempererat persekutuan antara raja-raja Melayu dengan raja-raja keturunan Bugis yang sebelumnya retak. Dengan demikian, Embung Fatimah mempunyai peran yang cukup penting secara politis pada kondisi kerajaan setelah Embung Fatimah wafat, ia dimakamkan di Kampung Ladi, Pulau Penyengat. Kompleks Makam Embung Fatimah terletak di Bukit Bahjah, tidak jauh dari jalan menuju Kompleks Makam Raja Haji fi Sabilillah. Selain Makam Embung Fatimah, di kompleks ini masih terdapat makam-makam lainnya yang seluruhnya berjumlah 21 makam yang dibatasi dengan pagar bertembok. Namun demikian, diantara 21 nisan makam pada kompleks makam ini sebenarnya tidak jelas yang mana nisan Makam Embung Fatimah tersebut. Hal ini karena tidak adanya penanda atau penamaan pada nisannisan yang ada.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Tanjung-Pinang.pdf
Comments
Loading...