Kompleks Makam Dhonggoro Sulawesi Tenggara

0 43

Kompleks Makam Dhonggoro

Kompleks Makam terletak ditengah-tengah Benteng Koro, berada pada titik kordinat 04°50’42,0” LS – 123°11’46.5” BT, dengan ketinggian 60 m diatas permukaan laut. Pada kompleks makam terdapat 12 buah nisan yang terbuat dari batu padas dengan berbagai ukuran,dengan orientasi makam Timur – Barat yang berukuran 5,9 m x 5,6 m.

Dulunya makam ini memiliki pagar dari susunan batu gunung, namun hal itu sudah tidak nampak lagi dikarenakan pemugaran oleh masyarakatsetempat dan tidak berkoordinasi terlebih dahulu dengan instansi terkait sehingga mengakibatkan nilai arkeologinya tidak nampak lagi.Saat ini, pagar pada komplek makam telah diganti dengan beton dan diberi tegel putih serta telah diberi cungkup dari bahan asbes.

Berdasarkan penuturan informan setempat salah salah satu nisan dalam kompleks ini adalah makam pendiri benteng yakni Donggoro yang merupakan Lakina Koro dan enam wanita hamil yang memangku beliau saat menghembuskan nafas terakhir.

Setiap tahun, sebelum musim tanam dan setelah panen, tetua kampung akan bertirakat ditempat ini memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, meminta keselamatan dan kesejahteraan bagi seluruh warga kampung. Nisan pada makam berbahan stalagtit dengan ukuran terbesar;Tinggi = 45 cm, Diameter = 15 cm dan terkecil berukuran Tinggi = 5 cm, Diameter = 5 cm.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/445/
Comments
Loading...