Kompleks Makam Bukit Cengkeh Kab. Lingga

0 22

Kompleks Makam Bukit Cengkeh

Kompleks makam Bukit Cengkeh merupakan kompleks makam Sultan-sultan masa Riau-Lingga, yaitu Sultan Muhammad (1832-1841), Sultan Abdurrahman (1812-1831, dan Sultan Suleiman Badrul Alamsyah III (1857-1883). Situs Kompleks Makam Bukit Cengkeh berada sekitar 60 meter di sebelah tenggara situs Makam Merah. Luas kompleks makam ini 36 x 33 meter yang dipagar dengan tembok bata lepa keliling setinggi 1,40 meter dan tebal 50 cm. Pintu masuk ke kompleks makam ini berada di sebelah barat berupa pintu gerbang dari besi jeruji setinggi 2,40 meter dan lebar 1,22 meter. Di dalam kompleks makam ini terdapat 26 buah makam dari keluarga Sultan yang pernah berkuasa di Daik. Makam Sultan Muhammad berada di tengah-tengah kompleks dan di dalam cungkup perlindungan.

Bangunan cungkup ini segi delapan dengan diameter 5,70 meter. Dindingnya berupa dinding bata berlepa, tinggi 3,20 meter. Pintu masuk berada di sisi barat, berukuran tinggi 2,45 meter dan lebar 1,60 meter. Pada setiap sisinya terdapat jendela yang ditutup dengan kisi-kisi fentilasi krawangan. Tiga buah kisi-kisi penutup jendela yang sudah tidak asli lagi, yaitu di sisi barat, baratlaut, dan utara. Atap bangunan cungkup ini berupa genteng yang masih asli. Ruangan dalam tempat keberadaan makam ditebari dengan koral.

Nisan makam Sultan Muhammad dipasang secara berpasangan, berbentuk gada, dari bahan batu andesit. Ukuran nisan adalah 1 meter dari permukaan tanah. Makam Sultan Aburrahman berada di sebelah utara bangunan cungkup yang nisannya berbentuk gada berpasangan terbuat dari batu andesit. Tinggi nisan 1,25 meter dari permukaan tanah.

Di sebelah timur makam ini terdapat sebuah makam dengan nisan pipih yang masih satu petak dengan makam Sultan Aburrahman. Berdasarkan bentuk nisannya yang pipih agaknya tokoh yang dimakamkan ini adalah perempuan. Namun tidak diketahui dengan pasti tokoh yang dimakamkan di sini. Di sebelah timur banguan cungkup terdapat makam Sultan Suleiman yang juga berjejer dengan sebuah makam dengan nisan pipih. Makam Sultan Suleiman ini nisannya juga berbentuk gada dari bahan batu andesit.

Bentuk makamnya seperti halnya makam Sultan Aburrahman, tidak berjirat dan hanya diberi petak pembatas dengan kerakal yang dilepa dengan semen. Secara keseluruhan makam yang ada di kompleks Makam Bukit Cengkeh ini sebanyak 28 buah makam. Makam-makam yang ada tanpa jirat dan nisannya langsung ditanam di tanah. Bentuk nisan ada dua buah, yaitu bentuk gada dan pipih, dengan ukuran tinggi bervariasi antara 20 s.d 122 cm. Makam dengan nisan yang berbentuk gada sebanyak 16 buah makam, sedangkan yang berbentuk pipih sebanyak 12 makam.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Lingga.pdf
Comments
Loading...