Kompleks Makam Belanda (Kerkhof) Sawahlunto

0 23

Kompleks Makam Belanda (Kerkhof)

Makam ini telah digunakan sejak jaman pemerintahan Belanda ada di Kota Sawahlunto. Sebagian besar nama yang dimakamkan di kompleks makam ini adalah orang Belanda. Kondisi situs tersebar memanjang di daerah pebukitan dengan luas sekitar 7000 m2. Pada salah satu sisi, terdapat tangga naik yang keadaannya sudah rusak. Kondisi kompleks makam yang berada di daerah pebukitan mengakibatkan bebe-rapa makam yang berada di tepi dinding sebagian runtuh dan rusak.

Secara keseluruhan kompleks makam tidak terawat dan sebagian besar mengalami kerusakan, sebagian nisan kehilangan marmer yang berisi nama dan keterangan orang yang dimakamkan. Lingkungan situs banyak ditumbuhi pohon dan semak belukar serta rumput dan lumut yang juga tumbuh di beberapa makam. Hampir keseluruhan makam dilengkapi dengan jirat dan nisan yang terbuat dari beton bertulang serta sebagian diberi cungkup. Jumlah makam yang diketahui saat ini mencapai 94 makam ditambah dengan makam umat Kristen sebanyak 22 makam, dan beberapa di antaranya berupa makam orang Jepang terlihat dari tulisan abja Hiragana yang tertera di makam tersebut.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Sawahlunto.pdf
Comments
Loading...