Kompleks Kuburan Raja

0 120

Kompleks Kuburan Raja

Kompleks kuburan Raja Kerajaan Keempat ini di bangun menghadap kelaut timor ( oli dale dalam bahasa Lole ). Dan disinilah merupakan tempat peristirahatan terakhir 2 Raja Lole ; Raja keempat yang bernama KILA PELO ( dengan nama baptis Danial Petrus Zacharias) dan anak keduanya yang menjadi Raja Lole dengan nama PAU KILA (nama baptis Paulus Semuel Zacharis).

Cerita sejarah kuburan-kubuuran ini diingatnya melalui tutur kata saja dari generasi kegenerasi oleh masyarakat Bebalain. Menurut keluarga Zacharias ada beberapa catatan sejarah dalam bahasa Belanda dan satu buah buku yang salinannya sangat sulit ditemukan. Dan buku ini di pegang oleh salah satu keluarga dikupang (yang memegang sejarah keluarga Zacharias).Zacharias adalah marga dari turunan Raja.

Dikompleks kuburan Raja ada beberapa kuburan juga yakni kuburan Raja dan keluarga ada juga kuburan pembantu, pengawal Raja, namun adapun pembatas antara kuburan raja dan kuburan pembantu dan pengawal dengan menggunakan batu.

Kuburan ini dibuat dengan batu nisan disebelah barat dan badan kubur disebelah Timur. Tingginya dibuat berdasarkan status dimana kuburan tertinggi adalah kuburan Raja( KILA PELO dan PAU KILA). Ada 7 kuburan yang masih bisa terlihat jelas,dan ada beberapa yang sudah runtuh akibat serangan alam. Batu-batu pembatas kuburan keluarga Raja dan pembantu serta pengawal tidak tampak tarlalu jelas dan hampir rata dengan tanah.

Berdasarkan keterangan dari Paulus Zacharias (anggota keluarga Zacharias) pada akhir Tahun 2012 kompleks kuburan ini dibersihkan guna menyambut hari Natal tiba. Dalam tradisi orang Rote, acara pembersihan kuburan seperti ini akan dirangkai dengan peletakan sirih pinang dan Tabur Bunga. sebagai tanda mengenang kembali atau memberi ucapan selamat kepada orang yang kita cintai.

Dan pada saat sekarang masyarakat Bebalain kurang begitu peduli dengan kedaan kompleks kuburan ini karena waktu mereka sangat terbatas, semuanya sibuk bekerja dan mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup “ ini kuburan sekarang sonde terurus lagi, kerena katong semua sibuk dengan kerja” ujar Paulus Zacharis. “katong sonde ada uang untuk buat ini kuburan” LanjutPaulus.

Source https://www.rotendaokab.go.id https://www.rotendaokab.go.id/cerita-tempat-wisata-bersejarah-di-rote-ndao/
Comments
Loading...