Kompleks Koramil (Komando Distrik Militer 0303/BKLS Komando Rayon Militer 01) Bengkalis

0 16

Kompleks Koramil (Komando Distrik Militer 0303/BKLS Komando Rayon Militer 01)

“Ini dulu sejarahnya, disinilah tempatnya Makodim, tapi dikarenakan perkembangan pembangunan dan tinjauan konfetis, nah maka di dumai itu ada objek strategis nasion al, maka kodim itu dipindahkan kesana (Dumai red), dan sekaligus ada perkuatan densus seperti, Denrudal dan sebagainya,” ka ta Brigjen 031/WB, TNI Prihadi Agus Irianto. Kata Brigjen 031/Wirabama, melihat perkembangan demi perkembangan pada tahun berikutnya, sampai sekarang dipandang perlu untuk memindahkan markas Kodim 0303 lansung di pulau Bengkalis. Kompleks ini terdapat di dekat Rumah Dinas Kapolsek.

Pada kompleks ini terdapat beberapa bangunan yang terdiri dari bangunan kantor, rumah tinggal, mess, mushola, sumursumur tua, dan lapangan tembak Perbakin. Pada kompleks ini terdapat 5 buah bangunan lama yang merupakan bangunan peninggalan Belanda, yaitu Gedung C, D, E, G, dan H (lihat denah). Keseluruhan bangunan tersebut berdenah empat persegi. Dikompleks ini juga terdapat 3 buah sumur tua. Kondisi dari bangunan yang ada di kompleks ini sebagian masih bagus dan terawat, yaitu Gedung C, G, H. Gedung C, selain sebagian digunakan untuk mess, sebagian lagi gunakan untuk lapangan tembak Perbakin. Gedung ini berukuran 26 x 8 m (Gedung E dan D juga mempunyai ukuran yang sama). Adapun Gedung G dan H digunakan untuk rumah tinggal. Gedung ini berukuran 15 x 10 m.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Bengkalis-BPCB.pdf
Comments
Loading...