Kompleks Keramat Gunung Kute Anambas Kepulauan Riau

0 96

Kompleks Keramat Gunung Kute Anambas

Komplek keramat gunung kute ini merupakan pemakaman dari pemukiman yang berada di Gunung Kute. Dipenghujung Abad 16 di daerah Gunung Kute yang terletak di satu teluk Pulau Matak berdekatan dengan kapung Tokong, Teluk Sunting dan kan Kampung Langir merupakan sebuah perkampungan kecil yang dihuni oleh penduduk yang berasal dari daerah Kamboja (Negeri Tjempa).

Orang – orang yang bermukim disini diceritakan adalah Lanon atau perompak Laut yang tinggal bersama dengan para tawanannya yang berasal dari Semenanjung Malaysia Pesisir bagian Timur termasuk daerah Tamasaek (Singapura) dan pulau – pulau di perairan Bintan Kepulauan Riau.

Komplek Keramat Gunung Kute ini terdiri dari beberapa batu nisan yang berorentasi utara – selatan dan barat-timur yang tidak beraturan, bahan batu nisan dari batu sungai yang bersifat penanda. Dimensi tidak beraturan ( t-30 s/d t-40 cm) Komplek Keramat ini cukup luas dan di pagari dengan pondasi penahan tanah yang terbuat dari batu laut yang di susun dan berbentuk persegi dengan pahatan yang halus. Kompleks ini pun berada di Selatan Sungai yang dijadikan sebagai jalan masuk dari kapal-kapal lanon.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/kompleks-keramat-gunung-kute-anambas-kepulauan-riau/
Comments
Loading...