Kompleks Katedral Padang

0 16

Kompleks Katedral Padang

Berdasarkan inskripsi yang terdapat dibagian dinding luar sisi kanan terdapat tulisan Deze Pastorie is Gebouwd in 1932 Van 5 Sept Tot 15 Jan 1933.Hoogw. Excell L.T.Brans yang berarti Pastoran ini dibangun pada 1932 dari 5 September hingga 15 Januari 1933. Bangunan ini dipergunakan sebagai tempat tinggal pastor (Rohaniawan Katolik).

Gedung Wisma Katedral ini termasuk bangunan Indish Empire dengan atap berbentuk limas yang dibuat bersusun kebelakang, sehingga dari kejauhan atap bagian depan terlihat seperti 2 buah segitiga yang berbaris. Jika dilhat dari jauh bangunan ini sangat menonjol di bagian atapnya, sehingga terlihat bangunan ini 50% adalah bangunan atap. Di bagian depan dindingnya didominasi oleh jendela-jendela lebar bersudut 180˚. Di bagian teras terdapat 2 (dua) buah pilar sebagai penyangga atap dan langit-langit bagian teras. Pintu masuk berada di tengah yang diapit oleh jendela di kiri kanannya.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Padang.pdf
Comments
Loading...