situsbudaya.id

Kompleks Kantor Polisi Belakang Padang Kota Batam

0 29

Kompleks Kantor Polisi Belakang Padang Kota Batam

Pembangunan komplek ini diperkirakan tahun 1930-an. Hal ini masih dapat dilihat dari Gedung Catur Sakti dan Asrama Border Police sekarang. Kemungkinan dulunya komplek bangunan ini dipergunakan sebagai kantor polisi Kolonial Belanda. Komplek ini merupakan komplek yang terdiri dari perkantoran dan perumahan polisi. Komplek ini berdiri diatas lahan seluas 6.000 meter2.

Beberapa unit bangunan telah mengalami perombakan yakni pada tahun 1954 pada saat berdirinya secara resmi Kantor Kepolisian Negara Sektor Belakangpadang. Bangunan tua yang masih dapat disaksikan dalam areal komplek polisi ini antara lain Gedung Pertemuan Catur Sakti, Asrama Border Police, mesjid, bekas rumah dinas kapolsek, dapur umum, barak, empat buah tanki penampungan air dan bekas lapangan tenis.

Sebagian bangunan juga difungsikan sebagai gedung Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) bagi putra-putri polisi dan masyarakat umum. Kemudian pada tahun 1973, gedung TK Kemala Bhayangkari yang awalnya adalah sel polisi tiga lokal itu kembali dipugar.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/kompleks-kantor-polisi-belakang-padang-kota-batam/
Comments
Loading...