Kompleks Gedung Daerah Tanjungpinang

0 17

Kompleks Gedung Daerah

Kantor Residen Riau. Pada masa Pemerintahan RI, gedung ini pernah dipakai sebagai kediaman Gubernur Riau pertama, Mr. SM. Amin, tahun 1958-1959. Selanjutnya, gedung ini dipakai sebagai kediaman Bupati Kep. Riau sampai tahun 1990-an. Pada tahun 2004, gedung ini dipakai sebagai tempat pelantikan pejabat Gubernur Kep. Riau, Drs. Ismeth Abdullah. Selanjutnya, pada tahun 2005 gedung ini dipakai pula sebagai tempat pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kep. Riau terpilih, Drs. Ismeth Abdullah dan H.M. Sani.

Sekarang gedung ini sudah direnovasi, tetapi belum difungsikan kembali. Gedung Daerah adalah komplek bangunan, termasuk di dalamnya adalah bekas kantor Dinas Pariwisata Kab. Bintan. Bangunan utama adalah yang disebut dengan Gedung Daerah, atap bangunan bergaya tradisional, tembok serta pilar-pilar yang mengelilingi bangunan bergaya kolonial. Pada sisi timur terdapat bangunan berbentuk limas bergaya kolonial, terdiri dari dua lantai. Kondisi bangunan saat ini telah mengalami penambahan yaitu sayap bangunan di kiri dan kanan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Tanjung-Pinang.pdf
Comments
Loading...